Selasa, 06 Desember 2011

Tentang SMK RK BINTANG TIMUR ;


Aku adalah seorang siswi salah satu SMK KHATOLIK. Yaitu SMK RK BINTANG TIMUR.  Sebelumnya memang aku tidak punya niat untuk bersekolah di SMK. Namun karena orang tuaku menginginkan aku untuk bersekolah di SMK.
Banyak hal yang sebelum aku bersekolah di SMK, aku tidak mengetahuinya.
Banyak sekali perbedaan-perbedaan yang sangat menonjol antara SMA dan SMK, yang sebelunya aku tidak mengetahuinya. Ini adalah beberapa hal yang membedakannya:

1. SMA : SEKOLAH MENENGAH ATAS
Jadi ini adalah sebuah sekolah umum biasa. Mata pelajarannya juga umum, tanpa ada jurusan khusus.Kecuali IPA/IPS. Biasanya dipersiakan untuk SPMB.
Sedangkan SMK :SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN.
Ini adalah sebuah sekolah Kejuruan. Ada beberapa mata pelajaran khusus yang memang harus dipelajari siswa untuk jadi trampil. Contohnya tata boga, komputer, elektro/listrik, pertambangan. Tapi sayangnya di SMK ku hanya terdapat 4 jurusan. Yaitu : otomotif, pertambangan, tata busana, dan komputer.Tapi bukan berarti tidak bisa ikut SPMB, bisa.....Tapi!!!!!!! Jam belajar untuk pelajaran umum tidak sebanyak di SMK.

2. Perbedaan yang utama adalah dari tujuan pendidikan itu sendiri. Kalo SMA tujuan utamanya diantara menghasilkan lulusan yang siap untuk menempuh pendidikan lebih tinggi (PT),sedangkan kalo SMK menghasilkan lulusan yang memilikai ketrampilan dan keahlian sesuai dengan program studinya. Sehingga tiap terjiun ke masyarakat (bekerja) seseai dengan bidang keahliannya. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

3. Kalo SMA itu menengah atas yang hanya mempelajari materi.....sedangkan SMK itu mempelajari materi dan banyak di prakteknya.

4. kalau SMA bidang ilmunya umum sedangkan SMk ilmunya sudah menjurus ke ketrampilan siswa, jadi diharapkan siswa lulus dari SMK sudah trampil dan dapat langsung bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar